PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA FINGER DOLL KARAKTER (Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kaliabu Salaman Magelang)

Prahasitha, Cendana Ajining (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA FINGER DOLL KARAKTER (Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kaliabu Salaman Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0126_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0126_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0126_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0126_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0126_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui media finger doll karakter siswa kelas II SD Muhammadiyah Kaliabu Salaman Magelang. Pada penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 13 siswa SD Muhammadiyah Kaliabu. Finger doll karakter yang dilakukan terintegrasi menggunakan metode role playing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% siswa tuntas KKM yaitu dengan nilai 70. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran finger doll karakter dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan keterampilan berbicara dari prasiklus keterampilan berbicara siswa sebesar 56,23, meningkat pada siklus I menjadi 74,76, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89,76. Selain itu, siswa dapat mencapai tiga indikator yaitu siswa mampu berbicara dengan lafal dan intonasi yang jelas, siswa mampu mengungkapkan kalimat dengan lancar, dan siswa mampu membentuk kalimat secara runtut dengan kosakata yang tepat. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media finger doll karakter dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Kaliabu.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Aggristo Bintang A.P, M.Pd. (0605078801)
Uncontrolled Keywords: media finger doll karakter, keterampilan berbicara, PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:50
Last Modified: 02 Jan 2020 04:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item