UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA FLASH CARD ( Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Blondo 3, Mungkid, Magelang )

Mustanna, Ayu Chusni (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA FLASH CARD ( Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Blondo 3, Mungkid, Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0157_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0157_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0157_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0157_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0157_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pembelajaran Scientific dengan media Falsh Card kelas II A di SD Negeri Blondo 3, Mungkid, Magelang. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas II A dengan populasi 24 siswa. Sampel penelitian ini adalah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas II A SD Negeri Blondo 3 meningkat maksimal dengan menggunakan media Flash Card. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebelum dan setelah diberikan tindakan pada setiap siklusnya, yaitu pra siklus 62,6% menjadi 66,6% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Pembelajaran disimpulkan berhasil karena telah melebihi batas kriteria keberhasilan pembelajaran, yaitu 75% sudah tuntas KKM.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Rasidi, M.Pd (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Flash Card, Model Pembelajaran Scientific, Media Flash Card
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:29
Last Modified: 06 Jan 2020 02:29
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item