PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORASI TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MAKE A MATCH (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang Tahun Ajaran 2018/2019)

Fitri, Kalimatun (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORASI TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MAKE A MATCH (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0144_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0144_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0144_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0144_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0144_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang melalui pembelajaran kolaborasi tipe team games tournament dengan make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang, dengan jumlah siswa 12 anak yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan nilai rata-rata hasil tes IPS meningkat dan ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang yaitu 60. Pembelajaran dikatakan tuntas apabila >75% siswa yang telah memenuhi KKM yang ditentukan (≥60). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kolaborasi tipe team games tournament dengan make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi masa persiapan proklamasi kemerdekaan dan peristiwa menjelang proklamasi kemerdekaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPS dari pra tindakan ke siklus I, dari jumlah siswa 12 anak dengan rata-rata nilai IPS adalah 48,75 setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 62,73 kemudian jumlah meningkat lagi pada siklus II menjadi 73,75.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Psi., (0028036001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd., (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Kolaborasi, Team Games Tournamet, Make a Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:51
Last Modified: 20 Jan 2020 03:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item