STUDI TENTANG PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Jambewangi Kecamatan Secang Kabupaten Magelang)

Santoso, M. Agus (2019) STUDI TENTANG PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Jambewangi Kecamatan Secang Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0172_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0172_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0172_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0172_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0172_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS yang dilakukan guru pada siswa kelas V di SD Negeri Jambewangi Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (kualitatif deskriptif). Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa dan satu guru IPS Kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah sikap sosial yaitu sikap toleransi, kerjasama/gotong royong, dan tanggung jawab siswa dan pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas V di SD Negeri Jambewangi, guru sudah menerapkan strategi melalui penerapan kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengkondisian, dan keteladanan dalam menanamkan sikap tanggung jawab, kerjasama/gotong royong, toleransi, dan guru melakukan proses evaluasi dalam pembelajaran IPS dan sikap siswa. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan guru sudah menerapkan stategi dalam proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si, (0012045601) dan Septiyati Purwandari, M.Pd, (0601098303)
Uncontrolled Keywords: sikap sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:57
Last Modified: 20 Jan 2020 03:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item