DESKRIPSI IMPLEMENTASI KARAKTER KEDISIPLINAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Penelitian di SD N 2 Tanggulanom Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung)

Pratiwi, Dessi Ria (2019) DESKRIPSI IMPLEMENTASI KARAKTER KEDISIPLINAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Penelitian di SD N 2 Tanggulanom Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0187_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.187_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.187_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0187_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.187_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswa dalam proses pembelajaran di SD Negeri 2 Tanggulanom Tahun Ajaran 2019/2020. Fokus penelitian adalah implementasi karakter kedisiplinan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas I-VI, siswa, dan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Tanggulanom Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Tanggulanom mengimplementasikan karakter kedisiplinan pada siswa dengan menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Guru menerapkan peraturan, hukuman, konsistensi dan penghargaan sebagai pedoman.Hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan karakter kedisiplinan yaitu pelaksanaan implementasi masih terpaku pada aturan sekolah. Temuan penelitian yang peneliti dapatkan di SD N 2 Tanggulanom yaitu jarang sekali siswa yang dikuasai oleh gadget ketika di rumah sehingga dampak pada sikap kedisiplinan siswa sangat baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si., (0007096412) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Karakter Kedisiplinan, Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:59
Last Modified: 20 Jan 2020 03:59
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item View Item