PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 1 MI MA`ARIF GONDOSULI MUNTILAN

Priyati, Dwi Ani (2019) PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 1 MI MA`ARIF GONDOSULI MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0405.0009_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0009_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0009_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0009_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0405.0009_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas 1 MI Ma`arif Gondosuli. Populasi penelitian adalah siswa MI Ma`arif Gondosuli Muntilan yang berjumlah 157 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 15 siswa kelas 1. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil analisis deskriptif mengungapkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar rata-rata kelas siswa dari 50 menjadi 77. Sebelum dilaksanakan penelitian hanya terdapat 5 siswa tuntas dan 10 siswa tidak tuntas dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Kemudian setelah dilaksanakannya penelitian terdapat peningkatan 12 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas. Hasil analisis korelasi menunjukkan penggunaan metode sosio drama memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebesar 6,95 dengan harga kritik yang diperoleh = 2,16 dan = 3,01. Hasil ini menunjukkan bahwa =6,95 > = 3,01 > = 2,10 yang artinya penerapan metode sosio drama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman, M.Ag (0611017101) dan Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I (0602108502)
Uncontrolled Keywords: metode sosiodrama, hasil belajar, mata pelajaran PKn
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:00
Last Modified: 03 Feb 2020 07:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item