EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Putri, Maharani Valista (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ BAB I _BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (716kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Kota Magelang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra eksperimen dengan model pretest-posttest one group design. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 10 siswa untuk dijadikan kelompok eksperimen yang akan mendapatkan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode pengumpulan data dilakukan dengan bantuan spss (statistical package for the social science) versi 16. 0 for windows. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa antara sebelum dan setelah diberikan tindakan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Peningkatan skor tertinggi adalah 46 atau sekitar 56,79% dan skor terendah sebesar 10 atau sekitar 9,80% , rata-rata peningkatan skor sebesar 27,4 atau sekitar 31,84% , Selain itu peningkatan kepercayaan diri siswa ditandai dengan siswa yang tadinya kurang percaya diri sekarang menjadi lebih percaya diri dan berani mengemukakan pendapatnya di depan umum dan dapat menyesuaikan diri dengan teman.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.S.Kons, dan Hijrah Eko Putro, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Percaya Diri, Sosiodrama .
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:23
Last Modified: 30 Apr 2019 09:23
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item