PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJERIAL PENGEMBANGAN GURU (Studi di MI Ma’arif Se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang)

ANTORO, ANTORO (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJERIAL PENGEMBANGAN GURU (Studi di MI Ma’arif Se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Tesis)
17.0406.0005_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (Tesis)
17.0406.0005_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
17.0406.0005_FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
17.0406.0005_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
17.0406.0005_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (639kB)

Abstract

Peran kepala sekolah dalam manajerial pengembangan guru. (Studi di MI Ma‟arif se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Tesis. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia khususnya guru. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di 14 MI Ma‟arif se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Waktu penelitian pada bulan Desember 2019 sampai dengan Januari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Kepala sekolah dalam pengembangan sumber daya manusia guru di MI Ma‟arif se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan belum dilakukannya tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan evaluasi dalam pengembangan SDM guru. Program pengembangan masih sebatas formalitas untuk melengkapi administrasi dan jika ada instruksi dari luar seperti persiapan lomba, penilaian sekolah, maupun akreditasi. Kegiatan pengembangan sumber daya manusia guru yang sudah dilakukan meliputi kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru), menghadiri undangan seminar dan pelatihan dari Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Lembaga Pendidikan Ma‟arif. Pengembangan sumber daya manusia guru di tiap sekolah beragam caranya berdasarkan kreatifitas dan inovasi kepala sekolah. (2) Kinerja guru masih rendah dilihat dari rendahnya hasil PKG (Penilaian Kinerja Guru). (3). Hambatan pengembangan SDM guru meliputi pendanaan, minimnya program pengembangan guru, dan minat guru untuk mengembangkan diri masih rendah.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Dr. Imron MA
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, pengembangan SDM guru, Kinerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 08:00
Last Modified: 15 Oct 2020 08:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1658

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item