PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI MENGHAFAL SISWA DENGAN METODE DAWARAN DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG

MUTIASIH, MUTIASIH (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI MENGHAFAL SISWA DENGAN METODE DAWARAN DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0075_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0075_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0075_FULLTEXT docx.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0075_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0075_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peningkatan motivasi menghafal siswa dengan metode dawaran di kelas VIII putri 2 MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung; 2) Untuk mengetahui prestasi menghafal siswa dengan metode dawaran di kelas VIII putri 2 MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung; 3) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode dawaran. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah kelas VIII putri 2 MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 19 siswa. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh keberhasilan peningkatan motivasi, prestasi menghafal dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Data motivasi menghafal siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket, prestasi menghafal siswa diperoleh dari nilai pre-test dan pos-test, sedangkan tanggapan siswa diperoleh melalui angket. Data motivasi menghafal siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase rata-rata motivasi menghafal siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Data prestasi menghafal siswa diperoleh dari hasil pos-test awal pada siklus I dengan pos-test kedua pada siklus II dan pos-test kedua pada siklus II dengan pos-test ketiga pada siklus III dengan effect-size, yaitu dengan membandingkan rerata nilai hasil pos-test awal pada siklus I dengan rerata nilai pos-test kedua pada siklus II dan rerata nilai pos-test awal pada siklus I dengan rerata nilai pos-test ketiga pada siklus III. Data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) menghafal dengan metode dawaran dapat meningkatkan motivasi menghafal sebesar 77,74% pada siklus I menjadi 78,57% pada siklus II dan 81,05% pada siklus III; 2) menghafal dengan metode dawaran dapat meningkatkan prestasi menghafal dari siklus I ke siklus II dengan effect size sebesar 2.09%, dari siklus I ke siklus III dengan effect size sebesar 3,71%; 3) menghafal dengan metode dawaran mendapatkan tanggapan positif dari siswa, ditunjukkan dari hasil angket tanggapan bahwa 68,42% dalam kategori tanggapan sangat baik dan 31,57% siswa termasuk kategori tanggapan baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Irham Nugroho, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:20
Last Modified: 20 Oct 2020 03:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item