PENGARUH MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAAN AGAMA ISLAM SD N GULON I SALAM

HIDAYAH, ISMI RETNO (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAAN AGAMA ISLAM SD N GULON I SALAM. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0071_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0071_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0071_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0071_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0071_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam SDN Gulon I Salam. Populasi penelitian ini ada 215 siswa SD Negeri Gulon I Salam. Sedangkan sampel penelitian ini kelas 4 berjumlah 24 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengungkapkan variabel minat belajar pendidikan agama islam, dan dukungan orang tua dan metode dokumentasi untuk mengetahui variabel prestasi belajar pendidikan agama islam siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Untuk mengetahui pengaruh minat belajar pendidikan agama islam dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam digunakan bantuan komputer program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar pendidikan agama islam siswa dalam kategori tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban tertinggi responden dalam kategori tinggi yaitu sebesar 58.3%. Dukungan orang tua siswa dalam kategori sedang , yang dibuktikan dengan jawaban sedang responden dalam kategori sedang yaitu sebesar 50%. Prestasi belajar pendidikan agama islam siswa dalam kategori tinggi, yang dibuktikan dari hasil nilai akhir pendidikan agama islam dalam rapor yang diketahui nilai terendah siswa 61 dan nilai tertinggi siswa 90 serta nilai rata-rata siswa dari hasil prestasi belajar pendidikan agama islam yaitu 78.45. Dari hasil analisis diperoleh koefisien variabel minat belajar pendidikan agama islam 1.970 dengan nilai probabilitas 0.000 kurang dari 0.05. Hal itu menunjukkan bahwa ada hubungan minat belajar pendidikan agama islam dengan prestasi belajar pendidikan agama islam. Hasil analisis regresi diperoleh koefisien variabel dukungan orang tua 0.275 dengan nilai probobilitas 0.026 krang dari 0.05. Hal itu menunjukkan bahwa ada hubungan dukungan orang tua dengan prestasi belajar pendidikan agama islam. Analisis regresi yang diperoleh F hitung sebesar 234.018 dengan tingkat probobilitas 0.000 kurang dari 0.05 yang menunjukkan adanya hubungan. Jadi semakin tinggi minat belajar pendidikan agama islam siswa dan semakin baik dukungan orang tua maka prestasi belajar pendidikan agama islam siswa semakin meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Imron, MA dan Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:36
Last Modified: 20 Oct 2020 03:36
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item