PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT (Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung Kabupaten Magelang)

Baharsyah, Firman Amirudin (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT (Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0060_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0060_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0060_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0060_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan pemahaman studi lanjut siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung T.A. 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (pre eksperimental design) dengan model One Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling, sampel yang diambil sebanyak 10 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket pemahaman studi lanjut. Uji validitas instrumen angket pemahaman studi lanjut dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon signed rank test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman studi lanjut. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon signed rank test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,005<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket pemahaman studi lanjut antara pretest sebesar 110,4 dan postest sebesar 128,9. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman studi lanjut.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd (0008015701) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd (0626098401)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Pemahaman Studi Lanjut
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:33
Last Modified: 22 Oct 2020 04:33
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item