TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT LESTARI RAHARJA KOTA MAGELANG PERIODE MARET 2018

Andini, Marisa Dwi Fitria (2018) TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT LESTARI RAHARJA KOTA MAGELANG PERIODE MARET 2018. Diploma thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0001_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0001_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0001_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pasien dalam menilai mutu atau pelayanan yang baik merupakan pengukuran penting yang mendasar bagi mutu pelayanan. Kualitas pelayanan dikatakan baik dan memuaskan jika jasa yang diterima sesuai atau melebihi dari yang diharapkan, sebaliknya kualitas pelayanan dikatakan jelek atau tidak memuaskan jika pelayanan yang diterima lebih rendah dari yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pasien umum rawat jalan terhadap kualitas pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Lestari Raharja. Populasi dari penelitian ini adalah pasien umum non BPJS. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, teknik penentuan sampel berdasarkan karakteristik tertentu yaitu usia 20-65 tahun. Metode data pengumpulan menggunakan metode servqual (service quality) yang terdiri dari lima dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Data diolah dan dianalisis dengan membandingkan harapan konsumen dengan kenyataannya terhadap pelayanan informasi obat yang digambarkan dalam bentuk diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut pemetaan pada Diagram Cartesius mayoritas dari Kuadran II di mana responden merasa puas dan menganggap penting pada pernyataan tersebut, ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan obat di Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang Periode Maret 2018 termasuk dalam kategori puas.

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Pembimbing: Herma Fanani Agusta, M.Sc., Apt. (0622088504) dan Fitriana Yuliastuti, S.Farm., M.Sc., Apt. (0613078502)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan konsumen, instalasi farmasi rumah sakit, kualitas pelayanan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:57
Last Modified: 22 Oct 2020 06:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item