METODE SCAFFOLDING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK (Penelitian Pada Kelompok B di PAUD Tunas Bangsa Jampiroso Temanggung)

Triyanti, Rina (2018) METODE SCAFFOLDING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK (Penelitian Pada Kelompok B di PAUD Tunas Bangsa Jampiroso Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0054_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (810kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0054_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0054_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0054_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Scaffolding dengan Media Audio visual di Kelompok B Tunas Bangsa Jampiroso Temanggung. Metode Scaffolding merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena bahasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, agar metode Scaffolding tidak membosankan maka seiring dengan perkembangan teknologi metode Scaffolding dituangkan dengan bantuan media audio visual, sehingga pembelajaran dengan metode Scaffolding pada anak usia dini tidak membosankan. Melalui metode scaffolding dengan bantuan media audiovisual hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak didik kelompok B 1 Tunas Bangsa lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan bahasa anak hanya mencapai 50%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode Scaffolding dengan menggunakan media audiovisual, pada siklus pertama mengalami peningkatan mencapai 75%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 85%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penelitian yaitu 85%, Begitu pula dengan guru lebih mudah dalam menyampaikan metode Scaffolding, . dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui metode Scaffolding dengan media audio visual dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan Scaffolding dengan bantuan media audio visual sehingga dapat menarik dan menyenangkan anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar,S.Psi,M.Si. (0614107401|) dan Nur Rahmah, S.Pd (0621108302)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Bahasa, Metode Scaffolding, Media Audiovisual.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:04
Last Modified: 27 Oct 2020 02:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item