MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI (Penelitian pada kelompok A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang)

Prasiwi, Agni Ayu (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI (Penelitian pada kelompok A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0068_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0068_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0068_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0068_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak kelompok A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang. Subyek penelitian ini yaitu siswa Kelompok A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang yang berjumlah 12 anak. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi variabel input (kemampuan menyimak sebelum tindakan), variabel proses (metode bercerita) dan variabel output (kemampuan menyimak setelah tindakan). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif prosentase, dengan indikator keberhasilan > 75%. Kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa bercerita efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada kelompok A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang. Hasil observasi awal diketahui bahwa rata-rata kemampuan menyimak baru mencapai 60,9%. Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran menggunakan metode bercerita, rata-rata pencapaian kemampuan menyimak subyek meningkat menjadi 86,1%, telah melebih target yang ditetapkan yaitu > 75%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Khusnul Laely, S.Pd., M.Pd (0620078601)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menyimak, metode bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:06
Last Modified: 27 Oct 2020 02:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1858

Actions (login required)

View Item View Item