PELATIHAN STRATEGI METAFORA UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DENGAN LATAR BELAKANG BROKEN HOME(Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Borobudur)

Syarifah, Syarifah (2018) PELATIHAN STRATEGI METAFORA UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DENGAN LATAR BELAKANG BROKEN HOME(Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Borobudur). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0051 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0051 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0051 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0051 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan strategi metafora terhadap peningkatan konsep diri positif siswa latar belakang broken home siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True Eksperimental Design) dengan model Pretest-Posttest Contol Group Design. Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa terdiri dari 14 siswa kelompok eksperimen dan 14 siswa kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket konsep diri. Uji validitas instrumen angket konsep diri dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Uji One Way Anova (Analysis of Varience) dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan strategi metafora efektif terhadap peningkatan konsep diri positif siswa dengan latar belakang broken home. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji One Way Anova pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05. Berdasar hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata angket konsep diri antara kelompok eksperimen sebesar 154,43 dan kelompok kontrol sebesar 113,57. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan strategi metafora efektif terhadap peningkatan konsep diri positif siswa dengan latar belakang broken home.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. dan Sugiyadi, M.Pd., Kons. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Strategi Metafora, Konsep Diri, Broken Home
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:20
Last Modified: 29 Apr 2019 07:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item