PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA LAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Treko 2 dan SD Negeri Senden, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang)

Yunita, Nia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA LAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Treko 2 dan SD Negeri Senden, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0017_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (909kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0017_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0017_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0017_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0017_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media lapbook terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Treko 2 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental tipe Noneequivalent control group design. Subjek Penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa kelas IV terdiri dari 20 siswa SD Negeri Treko 2 sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa SD Negeri Senden sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer IMB SPSS versi 25.00 for windows. Analisis data menggunakan teknik statistik Mann-Whitney U dengan bantuan bantuan komputer IMB SPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Quantum Teaching berbantuan media lapbook berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Mann-Whitney U pada kelompok eksperimen dengan nilai 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 7,97 sedangkan kelas kontrol 6,87. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching berbantuan media lapbook berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M. Si, dan Dhuta Sukmarani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:20
Last Modified: 23 Apr 2021 03:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item