PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Kota Magelang)

Kurniawati, Septi (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0073_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0073_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0073_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0073_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan rasa percaya diri. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII B SMPN 13 Kota Magelang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest one group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan (konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa yang memiliki rasa percaya diri yang rendah. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic parametrik yaitu Uji Paired Sample T- test dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor posttest yang signifikan lebih tinggi dibanding dengan skor pretest sebelum diberi perlakuan, dengan rata-rata 24,17% dan hasil analisis uji Paired Samples T -test sign menunjukan p=0,000<0,05, hasil probabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok teknik cognitive restructuring berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Magelang hal ini di buktikan dengan lembar tugas perubahan perilaku dan observasi secara langsung setelah diberikan perlakuan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd. dan Dewi Liana Sari, M. Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring,Rasa Percaya Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:26
Last Modified: 29 Apr 2019 08:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item