PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA ENERGI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IVA SD Islam Al-Iman plus, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang)

Hartini, Dwi Wahyu Sri (2020) PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA ENERGI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IVA SD Islam Al-Iman plus, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0078_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0078_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0078_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0078_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil belajar IPA melalui pembelajaran dengan model Numbered Heads Together berbantuan media ular tangga energi pada siswa kelas IVA SD Islam Al-Iman plus Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian ialah Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Islam Al-Iman plus Magelang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, karena jumlah siswa pada satu kelas kurang dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis secara kuantitatif. Rumus Product Moment digunakan untuk melakukan uji validitas instrumen soal tes sedangkan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan SPSS for windows versi 22 untuk uji reliabilitas. Uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis data. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji hipotesis One Way Anova dengan bantuan SPSS for windows versi 22. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model Numbered Heads Together berbantuan media ular tangga energi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan oleh hasil pada kelas eksperimen dengan analisis uji One Way Anova yaitu dengan memiliki nilai probabilitas sig 0.05 Fhitung = 214.573 > F0.05 (3:84) yang sebesar 2.71. Sedangkan Fhitung = 16.680 > F0.05 (3:84) yang sebesar 2.71 pada hasil dari uji one way anova melalui lembar observasi dengan nilai sig 0.05. Selain itu, terdapat perbedaan nilai tes dan lembar observasi pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdasarkan hasil analisis dan pembahasan. Hasil tes kelas eksperimen yaitu 47 menjadi 87.36 sedangkan kelas kontrol 49.31 menjadi 85.04. Berdasarkan hasil tersebut penelitian diinyatakan berhasil karena penerapan model Numbered Heads Together berbantuan media ular tangga energi berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si dan Dhuta Sukmarani, S.Si. , M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Heads Together Berbantuan Media UlarTangga Energi, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:45
Last Modified: 23 Apr 2021 03:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item