PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD di Desa Banjarsari dan Gesing)

Impian, Aprilya Ranting (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD di Desa Banjarsari dan Gesing). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0056_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0056_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0056_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0056_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0056_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Flashcard terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan nonequivalent kontrol group design Pretest-Postest Kontrol Group. Penelitian ini dilakukan Pada siswa kelas IV SD di Desa Banjarsari dan Gesing Kecamatan Temanggung. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi atau menggunakan Total Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, melalui tes tertulis secara obyektif dengan berpedoman pada kisi-kisi soal berdasarkan Kurikulum 2013 yang dibatasi ranah psikomotorik yaitu aspek menyelesaikan (P3) yang berjumlah 1 soal dengan materi pelajaran Bahasa Indonesia menulis karangan narasi. Validitas instrumen dilakukan melalui uji ahli. Sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 23 melalui uji Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan Uji Shapiro Wilk, uji linieritas dilakukan dengan uji Test for Linearity, dan uji homogenitas dilakukan dengan uji One Way Anova. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis Uji Paired simple TTest menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.001 dan lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Group Investigation Berbantuan Flashcard berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi bagi siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Agrissto Bintang A.P, Md.dan Tria Mardiana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Menulis Narasi, Flashcard
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:00
Last Modified: 23 Apr 2021 04:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item