PENGARUH PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung)

Prawesti, Anggita Dewi (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0142_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0142_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0142_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0142_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0142_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran NHT (Number Head Together) terhadap keterampilan proses siswa kelas IV Sekolah Dasar Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre- Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keterampilan proses dan observasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Uji Paired Samples T Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran NHT (Number Head Together) berpengaruh positif terhadap keterampilan proses siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Samples T Test dengan probabilitas nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket keterampilan proses antara pretest sebesar 68,05 dan posttest sebesar 89,15. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran NHT (Number Head Together) berpengaruh positif terhadap keterampilan proses siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Agrissto Bintang A. P, M.Pd dan Rasidi M.Pd,
Uncontrolled Keywords: NHT (Number Head Together), Keterampilan Proses, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:24
Last Modified: 23 Apr 2021 04:24
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item