PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD N Permitan 1 Kab. Magelang )

Windarti, Titin (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD N Permitan 1 Kab. Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Bab I_Bab II_Bab III_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika.Penelitian dilakukan pada siswa SD N Permitan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penilitian ini dilakukan khususnya pada siswa kelas IV di SD N Permitan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Groub Design dengan satu perlakuan. Subjek penelitian dipilih secara random sampling yaitu secara acak. Kelompok ekperimen terdiri dari 29 siswa diberi perlakuan (penggunaan model Course Review Horay dan kelompok control terdiri dari 27 siswa yang tidak diberi perlakuan. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : variabel terikat yang berupa hasil belajar matematika, variabel bebas yang berupa model Kooperatif tipe Course Review Horay. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata antar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen terdapat peningkatan rata rata dari sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan hasil belajar dari 57,5 menjadi 80,5. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Permitan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ari Suryawan, M.Pd dan Ibu Septiyati Purwandari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Kooperatif Tipe Course Review Horay
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:29
Last Modified: 23 Apr 2021 04:29
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item