PENGARUH MODEL EXPERIENTAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA SPINNCER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Pada Siswa Kelas V di Desa Jogomulyo Kec. Tempuran Kabupaten Magelang)

Mahardhika, Puspita (2020) PENGARUH MODEL EXPERIENTAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA SPINNCER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Pada Siswa Kelas V di Desa Jogomulyo Kec. Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (992kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0168_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0168_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0168_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh model Experiental Learning berbantuan media Spinncer terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas V di Desa Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal tes tulis berjumlah 4 soal yang sudah diuji tingkat kevalidan dan reliabilitasnya. Uji validitas soal tes tulis menggunakan bantuan program komputer Microsoft Excel 2010 sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan komputer program komputer SPSS statistic 25.00 for windows. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon Test berbantuan program SPSS statistic 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Experiental Learning berbantuan media Spinncer terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas V. Hal ini dibuktikan Zhitung sebesar -3,898 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan signifikan antara keterampilan menulis cerita pendek sebelum dan hasil keterampilan menulis cerita pendek setelah diberikan perlakuan dengan model Experiental Learning berbantuan media Spinncer (Spinner Cerpen). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Experiental Learning berbantuan media Spinncer (Spinner Cerpen) berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Lilis Madyawati, M.Si. dan Rasidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Ekxperiental Learning, Media Spinncer (Spinner Cerpen), Keterampilan Menulis Cerita Pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:36
Last Modified: 27 Apr 2021 01:36
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item View Item