PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP LITERASI SAINS

Hermawan, Windi (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP LITERASI SAINS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0193_BAB I_BAB II_BAB II_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0193_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0193_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0193_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0193_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbantuan media video terhadap literasi sains siswa kelas V SDN Sidorejo, Tegalrejo, Magelang. Desain penelitian ini menggunakan desain Pre-experimental design dengan model penelitian One Group Pretest Postest Design. Variabel bebas adalah pembelajaran daring berbantuan media video, sedangkan variabel terikat yaitu literasi sains. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Sidorejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi dengan menggunakan Teknik sampling total sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, dan metode angket. Uji validitas yang dilakukan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji realibilitas menggunakan alfa cronbach’s yang menghasilkan indeks realibilitas sejumlah 0.970. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh Pembelajaran Daring berbantuan media video terhadap literasi sains. Hal ini ditunjukan dengan data uji Paired Samples T test literasi sains dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 7.254 > 1.695 dengan nilai sig. (2 tailed) 0.000 < 0.05, yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh Pembelajaran Daring berbantuan media video terhadap literasi sains.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dhuta Sukmarani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Pembelajaran Daring, Media Video
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:43
Last Modified: 27 Apr 2021 07:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item