ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BAITUL MAAL DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH(Studi Kasus di KSPPS BMT Karisma Magelang)

Afiyah, Siti Ma’rifatul (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BAITUL MAAL DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH(Studi Kasus di KSPPS BMT Karisma Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0404.0009_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (807kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0404.0009_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0404.0009_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0404.0009_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai strategi pemasaran Baitul Maal di KSPPS BMT Karisma Magelang serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara mendalam (depth interview) kepada Manajer Baitul Maal, staff Pemasaran Baitul Maal, anak didik beasiswa Baitul Maal Karisma, masyarakat umum, serta pihak-pihak yang terkait dengan itu. Untuk menganalisa data yang telah dikumpulkan, peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles dan Hubermen melalui empat tahap, yaitu; Pengumpulan Data, Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing/Verification). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Baitul Maal Karisma sudah cukup baik dilihat dari jumlah donatur yang mengalami peningkatan dan pencapaian target kerja Baitul Maal Karisma di tahun 2016 menduduki angka 900 juta untuk target 1 milyar per tahun. Pencapaian target ini tidak terlepas dari sikap Baitul Maal Karisma yang selalu memperhatikan tiap-tiap elemen dari teori dasar strategi pemasaran (strategi bauran promosi, strategi pemilihan media, segmentasi pasar) tanpa mengindahkan prinsip dasar pemasaran syariah seperti, rabbaniyyah, akhlaqiyyah, al-waqi’iyyah, dan al-insaniyyah yang selalu diterapkan disetiap aktifitas pemasarannya. Faktor pendukung strategi pemasaran Baitul Maal Karisma tersebut antara lain; adanya prinsip transparasi laporan kegiatan sosial dan laporan keuangan, penggunaan media sosial dan situs internet sebagai alat pemasaran, kreativitas tim Baitul Maal yang cukup tinggi, relasi Baitul Maal Karisma yang luas dan sudah mencapai mancanegara, dan penerapan prinsip dasar pemasaran syariah menjadi landasan utama Baitul Maal Karisma Sedangkan, faktor penghambat strategi pemasaran Baitul Maal Karisma diantaranya; Segmentasi pasar yang masih bersifat umum, Infrastruktur, sarana dan prasarana yang belum maksimal, dan belum adanya marketing khusus untuk pemasaran Baitul Maal Karisma.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M. Pd dan Eko Kurniasih Pratiwi, M.S.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Baitul Maal, Keuangan Mikro Syariah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 03 May 2019 07:44
Last Modified: 03 May 2019 07:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item