PENGARUH PELATIHAN, KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH SE KABUPATEN MAGELANG

Ariyanto, Ariyanto (2021) PENGARUH PELATIHAN, KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH SE KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
File 1 (Cover, Bab I, Bab II, Bab III, Bab V, Daftar Pustaka) - Ariyanto Ariyanto.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
File 2 (Cover dan Bab IV) - Ariyanto Ariyanto.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
File 3 (Cover dan Lampiran) - Ariyanto Ariyanto.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
File 6 (Fulltext PDF) - Ariyanto Ariyanto.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Surat Pernyataan Unggah Repositori - Ariyanto Ariyanto.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan faktor kunci yang paling menentukan dalam keberhasilan pendidikan. Reformasi apapun yang dilakukan dalam pendidikan, tanpa guru yang bermutu pendidikan tidak akan tercapai, kenyataan menunjukkan masih ada sebagian besar guru underqualified, tingkat penguasaan bahan ajar dan keterampilan dalam menggunakan metode pembelajaran yang inovatif masih kurang sehingga kinerja guru tidak maksimal. Berdasarkan kondisi tersebut, maka diperlukan adanya upaya peningkatan kinerja guru dengan cara peningkatan kompetensi guru dan motivasi kerja guru. Oleh karena itu, kompetensi guru dan motivasi kerja menjadi salah satu faktor menarik dan penting untuk dikaji lebih dalam untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan, Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah seKabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru produktif SMK Muhammadiyah seKabupaten Magelang yang berjumlah 231 guru. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 50 guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengungkapkan variable Pelatihan, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistic. Untuk mengetahui pengaruh Pelatihan, Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Muhmmadiyah se Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat dampak positif antara variable Pelatihan terhadap Kinerja Guru sebesar 24,29%, variable Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru sebesar 24,63%, variable Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru sebesar 46,70% dan secara Bersama-sama antara Pelatihan, Kompetensi Guru, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru sebesar 95,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa intensitas pelatihan semakin tinggi maka kinerja guru akan semakin meningkat. Jika kompetensi guru meningkat maka akan semakin meningkat pula kinerja guru. Semakin tinggi motivasi kerja guru, maka akan semakin meningkat pula kinerja guru. Selanjutnya jika semakin sering intensitas pelatihan, meningkatnya kompetensi guru dan motivasi kerja secara bersama-sama akan berpengaruh terhadap meningkatnya kinerja guru.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imron, MA dan Dr. dan Imam Mawardi, M.Ag.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:36
Last Modified: 06 Oct 2021 06:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item View Item