IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU DI SD IT ALAM ZAID BIN TSABIT II KALIANGKRIK

Romadlon, Ahmad Muflih Akbar (2020) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU DI SD IT ALAM ZAID BIN TSABIT II KALIANGKRIK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0032_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0032_BAB IV - Muflih Akbar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0032_LAMPIRAN - Muflih Akbar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0032_FULLTEXT - Muflih Akbar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0032_PERNYATAAN PUBLIKASI - Muflih Akbar.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan yang baik dapat dilihat dari proses dan output pendidikan yang baik. Dalam lembaga pendidikan tidak terpisahkan dengan namanya pemimpin. Pemimpin atau kepala sekolah adalah seorang yang dapat mempengaruhi rekan kerjanya demi tercapainya tujuan. Salah satu tugas kepala sekolah yaitu supervisi kepala sekolah, yang mana kepala sekolah mengevaluasi pembelajaran guru demi tercapainya kinerja guru yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut serta keberhasilan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi supervisi kepala sekolah sudah terlaksana antara lain dilihat dari perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi kepala sekolah dari segi tekniknya seperti dilaksanakannya supervisi kelas sebulan sekali, rapat antara guru dengan kepala sekolah setiap pekannya dan percakapan pribadi antara kepala sekolah dengan guru dan tidak lanjut supervisi. Kedua profesionalitas kinerja guru yang berkaitan dengan proses belajar mengajar sudah terlaksana seperti, perencanaan pembelajaran yang terdiri dari perangkat pembelajaran dan juga pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari proses belajar mengajar guru. Ketiga, implementasi supervisi kepala sekolah SD IT Alam Zaid Bin Tsabit 2 Kaliangkrik sudah terlaksana dan guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan profesional seperti perangkat pembelajaran yang terencana dengan baik dan proses belajar mengajar yang menggunakan model pembelajaran aktif.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:19
Last Modified: 18 Oct 2021 07:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2684

Actions (login required)

View Item View Item