PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG

Aini, Farida Nur (2020) PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0045_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (909kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0045_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0045_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0045_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0045_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berisi tentang pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan sosial siswa kelas XI tahfidz SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid yang di latar belakangi oleh perilaku pelajar yang terlihat kian jauh dari nilai-nilai Al-Qur’an. SMAIT Ihsanul Fikri merupakan sekolah yang memiliki program tahfidz dengan salah satu tujuannya yaitu membangun generasi Qur’ani sebagai solusi dan pegangan hidup dalam menghadapi kemerosotan moral dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hafalan Al-Qur’an kelas XI tahfidz SMAIT Ihsanul Fikri, besarnya tingkat kecerdasan sosial siswa tahfidz kelas XI SMAIT Ihsanul Fikri, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan siswa tahfidz kelas XI SMAIT Ihsanul Fikri. Untuk mengetahui hal tersebut metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tingkat hafalan siswa tahfidz SMAIT Ihsanul Fikri cukup baik dengan persentase 48%, dan memiliki tingkat kecerdasan sosial yang sudah baik dengan persentase 57% dan pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan sosial siswa tahfidz kelas XI SMAIT Ihsanul Fikri yang ditunjukkan dengan R Square menghasilkan data dengan katagori lemah yaitu 22,8%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:22
Last Modified: 18 Oct 2021 07:22
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

View Item View Item