NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY

Rochman, Nur (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0062_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (936kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0062_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0062_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0062_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0062_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Fenomena sosial saat ini, seperti korupsi, pembunuhan, tawuran, siswa berani terhadap guru, anak berani terhadap orang tua hingga kesopanan yang semakin luntur, menunjukkan dekadensi moral bangsa yang sedang merosot. Upaya untuk memperbaikinya diantaranya adalah dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada generasi penerus bangsa diantaranya peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy serta untuk mengetahui cara mengimplementasikannya terhadap peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan sumber data primer yaitu novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy. Teknik keabsahan data menggunakan teknik ketekunan dalam penelitian dengan teknik pustaka dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini pertama, menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy meliputi: jujur, menghormati orang tua, menghormati guru, peduli, dan tanggung jawab. Bentuk pengimplementasian di lingkungan sekolah yaitu, Jujur: mengembalikan barang temuan kepada pemiliknya, tidak mencontek saat ujian, mengakui kesalahan. menghormati orang tua: siswa belajar dengan sungguh-sungguh, selalu mendoakan orang tua. Menghormati guru: mengucap salam, antusias ketika diberi tugas, menundukkan badan ketika melewati di depan guru. Peduli: saling membantu dalam kebaikan, saling tolong menolong. Tanggung Jawab: dengan mengerjakan tugas rumah, mengerjakan piket kelas, bertanggung jawab dengan susunan organisasi kelas.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, S.Ag, M.Ag. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:33
Last Modified: 15 Nov 2021 01:49
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item