HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III PESERTA BPJS DI RSUD KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2018

Setiawan, Ade Candra (2018) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III PESERTA BPJS DI RSUD KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2018. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0603.0013_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_ADE CANDRA SETIAWAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0603.0013_BAB IV_ADE CANDRA SETIAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0603.0013_LAMPIRAN_ADE CANDRA SETIAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0603.0013_FULLTEXT_ADE CANDRA SETIAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan rumah sakit befungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan pasien serta meningkatkan kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan rumah sakit. Salah satu konsumen pengguna jasa pelayanan kesehatan adalah peserta Badan Penyelenggara Jaminanan Sosial. Tujuan penelitian : ini untuk mengetahui adanya hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III peserta BPJS di RSUD Kabupaten Magelang tahun 2018. Metode penelitian : yang digunakan adalah Deskriptif Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional dengan sampel 57 responden, instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan tehnik Accidental Sampling. Data diolah dengan uji statistik Spearman Rank Test dengan. Hasil penelitian : didapatkan pvalue = 0,000 <r = 0,05 yang berarti ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III peserta BPJS di RSUD Kabupaten Magelang tahun 2018. Saran : RSUD Kabupaten Magelang untuk membuat standar aturan yang baku mengenai mutu pelayanan kesehatan agar terdapat persamaan dalam penilaian tingkat kepuasan pasien. Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan dengan pola hubungan yang positif antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III peserta BPJS RSUD Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Puguh Widiyanto, S.Kp., M.Kep dan Ns. Reni Mareta, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, BPJS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:25
Last Modified: 28 Oct 2021 04:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item