PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KEAKTIFAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

Mudrikah, Mudrikah (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KEAKTIFAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0074_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Mudrikah.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0074_BAB IV_Mudrikah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0074_LAMPIRAN_Mudrikah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0074_FULLTEXT_Mudrikah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan Kemampuan dan Keaktifan Menulis Huruf Hijaiyah dengan Metode Card Sort pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah 1 Muntilan. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran dengan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan siswa tentang menulis huruf Hijaiyah. Apakah metode card sort dapat meningkatkan keaktifkan siswa dalam menulis huruf Hijaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas I di SD Muhammadiyah 1 Muntilan. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah 1 Muntilan yang berjumlah 329 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 29 siswa. Instrumen penelitian mengacu pada teknik pengumpulan data. Data dikumpulkan oleh peneliti melalui metode tes dan observasi. Tes adalah serentetan pertanyaan atau soal serta alat untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan intelegensi atau bakat yang dimiliki oleh siswa secara individu maupun kelompok. Tes yang digunakan oleh peneliti adalah mengukur kemampuan siswa tentang menulis huruf Hijaiyah. Hasil penelitian menunjukan respon positif dari para siswa terhadap metode card sort. Metode card sort adalah suatu bentuk kartu kecil yang dibuat dari kertas karton dan berisi materi yang berfungsi sebagai metode kegiatan belajar mengajar. Metode ini sangat menarik bagi siswa sehingga siswa tidak jenuh dan bosan dalam belajar guna meningkatkan hasil belajar. Prestasi siswa pada materi menulis huruf Hijaiyah menunjukan peningkatan yang signifikan, sebelum menggunakan metode card sort, prestasi siswa berada pada rata-rata 65,69 yang berarti masih berada dibawah Kriteria Keuntasan Minimal 70. Setelah menggunakan metode card sort, dapat mencapai rata-rata pada siklus I 72,24 dan pada siklus II mencapai rata-rata 86,90. Ada perubahan dari persentase 34,48% menjadi 89,66% artinya metode card sort memberikan pengaruh dari sebelum penggunaan metode dan setelah penggunaan metode card sort pada siklus II sebesar 55,18%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode card sort berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan dan keaktifan menulis huruf Hijaiyah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imron, M.A dan Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan dan Keaktifan, Menulis Huruf Hijaiyah, Metode Card Sort
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:19
Last Modified: 28 Oct 2021 08:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item