IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERI GUMELEM KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG

Aswati, Aswati (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERI GUMELEM KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0081_BAB I_BAB II_BAB III_BABV_DAFFTAR PUSTAKA_ASWATI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0081_BAB IV_ASWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0081_LAMPIRAN_ASWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0081_FULLTEXT_ASWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Metode pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas III SD Negeri Gumelem Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Skripsi, Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan metode pembelajaran kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Gumelem siswa kelas III Kecamatan Pakis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri Gumelem dengan jumlah 202 anak. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 30 anak, terdiri dari 16 perempuan dan 14 lakilaki. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan metode tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan respon peserta didik terhadap metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam adalah baik. Keaktifan peserta didik menunjukkan peningkatan yang nyata, hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran sebelum diterapkannya metode pembelajaran kooperatif peserta didik sangat pasif di dalam kelas sehingga keadaan kelas menjadi kurang hidup. Peserta didik hanya dijadikan obyek dalam pembelajaran sehingga mereka merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran akan tetapi setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik menjadi aktif, menyenangkan dan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta suasana kelas menjadi lebih hidup. Hasil belajar peserta didik juga mengalami kenaikan. Hal ini terbukti dari perbandingan rata-rata hasil evaluasi sebelum diterapkannya metode pembelajaran kooperatif dengan setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 61,5 sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif dan meningkat 71,33 pada siklus I dan 82,5 pada siklus II, sedangkan besarnya perubahan prosentase 34,14%, maka dapat disimpulkan adanya perbedaan dari hasil belajar sebelum diterapkannya metode pembelajaran kooperatif dan sesudah dilaksanakannya metode pembelajaran kooperatif. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti mempunyai kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terbukti mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas III SD Negeri Gumelem Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Eko Kurniasih Pratiwi, M.SI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:45
Last Modified: 28 Oct 2021 07:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item