HUBUNGAN PENGGUNAAN BUKU PAKET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDOAGUNG 3 KECAMATAN TEMPURAN MAGELANG

SUDRAJAD, TEGUH ARIF YANTO (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN BUKU PAKET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDOAGUNG 3 KECAMATAN TEMPURAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0015_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAER PUSTAKA_TEGUH ARIF YANTO SUDRAJAD.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0015_BAB IV_TEGUH ARIF YANTO SUDRAJAD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0015_LAMPIRAN_TEGUH ARIF YANTO SUDRAJAD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0015_FULLTEXT_TEGUH ARIF YANTO SUDRAJAD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan Penggunaan Buku Paket Pendidikan Agama Islam Sebagai Sumber Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa (Penelitian di SD Negeri Sidoagung 3 Kecamatan Tempuran Magelang). Skripsi. Magelang : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hubungan pengunaan buku paket sebagai sumber belajar siswa dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri Sidoagung 3. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negeri Sidoagung 3 yang berjumlah 166 siswa. Adapaun sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa yang ditentukan dengan cara Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengungkapkan variabel penggunaan buku paket sebagai sumber belajar dan dokumentasi sebagai pendukung untuk mengungkapkan motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistik, untuk mengetahui hubungan penggunaan buku paket sebagai sumber belajar dengan motivasi belajar siswa, menggunakan bantuan program komputer SPSS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap penggunaan buku paket pendidikan agama islam dengan motivasi belajar siswa, kategori penggunaan buku paket pendidikan agama Islam dari 25 responden, 52% dalam interval kriteria cukup dengan frekuensi 13, 44% dalam interval kriteria baik dengan frekuensi 11, dan 4% dalam kriteria sangat baik dengan frekuensi 1. Penggunaan buku paket pendidikan agama Islam sebagai sumber belajar di SD Negeri Sidoagung 3 dapat dikategorikan cukup, terlihat kategori motivasi belajar, dari 25 responden, 40% dalam interval kriteria cukup dengan frekuensi 10, 52% dalam interval kriteria baik dengan frekuensi 13, 8% dalam interval sangat baik dengan frekuensi 2. Motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Sidoagung 3 dapat dikategorikan baik. Hasil analisis uji korelasi diperoleh nilai korelasi sebesar 0,482 dengan presentase pengaruh sebesar 23,3% hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku paket pendidikan agama islam berhubungan dengan motivasi belajar siswa dan 76,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, meliputi: lingkungan dan pergaulan sesama teman.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati, S.Pd.I M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:30
Last Modified: 29 Oct 2021 08:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item