UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN SHOLAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS TIGA SDN I KEBONSARI WONOBOYO TEMANGGUNG

Fatkhurokhim, Fatkhurokhim (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN SHOLAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS TIGA SDN I KEBONSARI WONOBOYO TEMANGGUNG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0076_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_FATKHUROKHIM.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0076_BAB IV_FATKHUROKHIM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0076_LAMPIRAN_FATKHUROKHIM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0076_FULLTEXT_FATKHUROKHIM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Untuk biasa mempelajari sesuatu dengan baik kita perlu membaca, menulis dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan membahasnya dengan orang lain. Cuma itu perlu mengerjakannya, mencoba, mempraktikkan, dan mengajarkan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) sebanyak tiga putaran atau siklus. Setiap putaran/siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas tiga.Data yang diperoleh berupa tes formatif, lembar observasi, kegiatan belajar mengajar. Kemampuan melaksanakan sholat siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus III. Hal ini dapat dilihat pada hasil siklus I yaitu mulai tahap perencanan , penyusunan program, pengamatan, dan tindakan diskripsi siswa mencapai 61,53% Siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 70,53% dan pada siklus III hasil tindakan mencapai nilai rata- rata menjadi 89,47%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi melaksanakan sholat dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan melaksanakan sholat siswa kelas III SD N I Kebonsari Wonoboyo Temanggung serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Imron,MA dan Dra Kanthi Pamungkas Sari,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Demonstrasi dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:43
Last Modified: 17 Jan 2022 06:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item View Item