UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Pager Sari 1 Tlogo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018)

Wulandari, Aprilia Dwi (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Pager Sari 1 Tlogo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0150_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Aprilia Dwi Wulandari.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0150_BAB IV_Aprilia Dwi Wulandari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0150_LAMPIRAN_Aprilia Dwi Wulandari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0150_FULLTEXT_Aprilia Dwi Wulandari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang materi bangun ruang terutama kerucut dan tabung pada siswa kelas V dengan menggunakan media konkret dalam pembelajaran matematika di SD. Metode Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas ( PTK ). Subjek PTK adalah siswa kelas V SD Pagersari 1 yang banyaknya 28 siswa, terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes dan catatan lapangan. PTK ini terdiri dari 2 evaluasi. Pada tiap siklus terdiri dari 2 Pertemuan dan setiap siklus dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik kolaboratif. Pada tahap perencanaan dan akhir siklus dilakukan diskusi dengan kolaboratif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, ditunjukan dengan peningkatan nilai rata – rata per post test diakhir siklus. Sebanyak 22 siswa atau 78,6 % telah mencapai indicator keberhasilan yang direncanakan yaitu nilai 70. Dengan demikian, penggunaan media kongkrit dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi sifat dan jaring – jaring bangun ruang kelas V SD N Pagersari 1.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd, dan Rasidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, bangun ruang, media konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:12
Last Modified: 17 Jan 2022 07:12
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item