PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Wonoroto Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang)

Pradana, Arya Samiaji (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Wonoroto Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0046_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0046_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Wonoroto Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian One Grup Pretest Posttest, yang didalamnya menggunakan bentuk penelitian preeksperiment. Variabel bebas penelitian yaitu model pembelajaran Snowball Throwing dan variabel terikat yatu hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Wonoroto yang berjumlah 37 siswa.Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 37 siswsa. Teknik Sampling yang digunakan adalah Samplingj enuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Uji instrument menggunakan uji validasi dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan Uji Parametrik dengan One sample T Test Shapiro Wilk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball throwing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata pretest 65.14 dan Posttest 80.27 setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Data penelitian dilakukan uji prasyarat dengan Uji normalitas yang hasilnya data normal. Berdasarkan analisis diperoleh nilai signifikan 0,000. Nilai Sig 0,000 <0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Snowball Throwing.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. H. Subiyanto, M.Pd, dan Ahmad Syarif, M.Or
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:43
Last Modified: 17 Jan 2022 07:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3032

Actions (login required)

View Item View Item