PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA MINIATUR LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas III Kelurahan Sumberrejo Magelang)

Eman, Eman (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA MINIATUR LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas III Kelurahan Sumberrejo Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0176_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.IV_DAFTAR PUSTAKA - Eman PGSD.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0176_BAB IV - Eman PGSD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0176_LAMPIRAN - Eman PGSD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0176_FULLTEXT - Eman PGSD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
Surat Unggah Repositori - Eman PGSD.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III kelurahan sumberrejo magelang di masa pandemi covid-19 (Corona). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimen Designs (One-Group Pretest- Posttest Design) yang terdiri dari dua variable, variable bebas (Independen) yaitu pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan dan variable terikat (Dependent) yang hasil belajar IPA. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III berada di kelurahan sumberrejo magelang yang berjumlah 204 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik yaitu Sampling Sistematis merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara berdasarkan hitungan sesuai kebutuhan, jadi populasi 204 siswa pengambilan sampelnya berdasarkan hitungan dan terbatas di masa pandemi covid-19 (Corona) sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan uji Wilcoxon Signed Rank Asymp. Sig (2 tailed) yaitu menunjukkan 0.083 > 0.05 yang artinya Ha di terima dan ada perbedaan dari pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan. Sedangkan Ho di tolak karena tidak ada pengaruh pada pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan di karenakan covid-19 (Corona). Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan, pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata Pretest sebesar 7.74. Sedangkan nilai rata-rata Posttest sebesar 8.91. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.083 > 0.05 yang dapat menyimpukan bahwa tidak ada perbedaan atau tidak ada pengaruhnya pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi ciriciri makhluk hidup pada siswa kelas III kelurahan sumberrejo, kecamatan mertoyudan, kabupaten magelang. Sebab situasi dan kondisi pembelajaran kurang maksimal dan adanya lock down di masa pandemi covid-19 (Corona).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd, dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair (TPS) Dengan Media Miniatur Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:38
Last Modified: 16 Nov 2021 02:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item