PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MEDIA PULZA (PUZZLE PIZZA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PECAHAN (Penelitian pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Temanggung I, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung)

Pranandha, Sadewa (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MEDIA PULZA (PUZZLE PIZZA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PECAHAN (Penelitian pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Temanggung I, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0208_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - WTN Channel.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0208_BAB IV - WTN Channel.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0208_LAMPIRAN - WTN Channel.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0208_Fulltext - WTN Channel.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0208_PERNYATAAN PUBLIKASI - WTN Channel.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran drill berbantuan media PULZA (puzzle pizza) untuk meningkatkan pemahaman materi pecahan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Temanggung I. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre experimental dengan menggunakan model one grup pretest-posttest design.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Variabel didalam penelitian ini ada dua yaitu variabel terikat berupa pemahaman materi pecahan dan variabel bebas berupa model pembelajaran drill berbantuan media PULZA (puzzle pizza). Sampel yang digunakan sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes piihan ganda. Uji hipotesis menggunakan uji Paired samples t-test dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran drill berbantuan media PULZA (puzzle pizza) berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 2 Temanggung I. Peningkatan pemahaman materi pecahan ini terlihat dari analisis Uji Paired samples t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 dengan hasil nilai rata-rata pre-test 55,7 dan rata-rata post-test 80,5. Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat peningkatan 24,8.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. dan Dhuta Sukmarani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman materi pecahan, model pembelajaran drill, media PULZA (puzzle pizza)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:26
Last Modified: 16 Nov 2021 03:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item