PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN ROMAWI (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 02 Bukur Kabupaten Pekalongan)

Anggraeni, Kiki (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN ROMAWI (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 02 Bukur Kabupaten Pekalongan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0008_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0008_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar matematika bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 02 Bukur Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen murni (True Experimental Desaign) dengan desain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel yaitu Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen terdiri dari 24 siswa mendapat perlakuan menggunakan metode make a match, dan kelas IV B sebagai kelas kontrol terdidri dari 24 siswa menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Semua perhitungan tersebut diolah dengan bantuan program SPSS 16.0 For Windows Hasil penelitian berupa hail uji hipotesis posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai nilai thitung sebesar 2,113 dengan ttabel sebesar 1,677 dan nilai signifikan sebesar 0,040 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelompok kontrol dan nilai posttest kelompok eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model make a match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika bilangan romawi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS., Kons.(0002086001) dan Tabah Subekti, M.Pd. (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, Hasil Belajar, Bilangan Romawi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:09
Last Modified: 08 Jul 2019 02:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item