PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII D SMP N 8 Magelang)

Sari, Bekti Wahyu (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII D SMP N 8 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0019_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0019_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0019_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan one grup pre test – post test design. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling, yaitu 8 siswa kelas VIII D SMP N 8 Magelang yang memiliki motivasi belajar rendah dan sedang. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Wilcaxon Macth Pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan pada skor post test yang signifikan dari kelompok eksperimen. Selisih peningkatannya rata-rata sebesar 17,7 %. Selain itu peningkatan motivasi belajar siswa ditandai dengan perubahan indikator dalam aspek motivasi belajar pada siswa sebelum diberikan konseling kelompok dan sesudah di berikan konseling kelompok. Salah satunya adalah siswa yang semula cenderung kurang memahami tujuan dalam belajar, menjadi lebih mengetahui bagaimana menetapkan tujuan dan target dalam belajar yang diinginkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd,Kons. (0008015701) dan Dra. Indiati, M.Pd (0028036001)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2019 08:02
Last Modified: 16 Jul 2019 08:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item