REDESIGNING MOCA E-LEARNING USER INTERFACE BASED ON E-LEARNING READINESS AND USER EXPERIENCE APPROACHMENT (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Magelang)

AGUSTIAN, BAYU (2021) REDESIGNING MOCA E-LEARNING USER INTERFACE BASED ON E-LEARNING READINESS AND USER EXPERIENCE APPROACHMENT (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Magelang). Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG.

[img]
Preview
PDF (SKRIPSI)
1705040074_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Bayu Agustian.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (SKRIPSI)
1705040074_BAB IV - Bayu Agustian.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
17.0504.0074_FULLTEXT - Bayu Agustian_2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
1705040074_LAMPIRAN - Bayu Agustian_2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
1705040074_Pernyataan Unggah Repository - Bayu Agustian_2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy

Abstract

Sistem pembelajaran e-learning menjadi solusi untuk dapat melangsungkan proses pendidikan pada situasi covid-19. Sistem MOCA e-learning adalah fasilitas dan layanan pembelajaran bagi mahasiswa yang disediakan oleh Unversitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) untuk menunjang kelangsungan kegiatan pembelajaran. implementasi sistem MOCA e-learning membutuhkan kesiapan dari mahasiswa untuk mengadaptasi sistem pembelajaran e-learning. Kesiapan layanan infrastruktur dan teknologi e-learning yang digunakan perlu untuk dioptimalkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran terhadap kesiapan e-learning mahasiswa dan pengukuran terhadap pengalaman pengguna mahasiswa terhadap sistem MOCA e-learning. Sampel data yang sebanyak 323 mahasiswa. Telah ditetapkan 9 faktor dengan 17 item pertanyaan sebagai instrumen penelitian yang dimodifikasi berdasarkan adopsi 13 faktor integrasi E-learning readiness (ELR) oleh Adiyarta. Derajat kesiapan ELR ditetapkan berdasarkan skala ELR oleh Aydin dan Tascii. Pengukuran pengalaman pengguna dilakukan dengan Framework User Experience Questionnaire (UEQ) dengan penambahan 6 item pertanyaan terbuka yang dimodifikasi dari Framework UEQ untuk mendapatkan feedback terhadap user interface MOCA e-learning. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan rata-rata ELR mahasiswa Unimma berada pada skor 3.73 dan “Siap, membutuhkan sedikit perbaikan” berdasar kategori konversi derajat kesiapan e-learning. Pengukuran yang dihasilkan Framework UEQ menunjukan dari keseluruahn 6 aspek yang diukur, sistem MOCA e-learning berada pada posisi “Bellow Average”. Dari 6 pertanyaan terbuka menghasilkan 13 usulan permasalahan dan perbaikan perancangan prototype design user interface MOCA e-learning. Penelitian ini menghasilkan 9 poin rekomendasi rancangan tindak lanjut dari evaluasi kesiapan e-learning mahasiswa dan mengusulkan prototype design user interface berdasarkan evaluasi UEQ dan pertanyaan terbuka. Usulan protoype talah diuji secara Heuristic evaluation kepada 7 mahasiswa dengan skor perolehan “Memuaskan”.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Purwono Hendradi, M.Kom dan Pristi Sukmasetya, S.kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: E-learning Readiness, User Experience, User Interface
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:30
Last Modified: 11 Oct 2022 06:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item View Item