PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SOPAN SANTUN (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Magelang)

Sari, Ajeng Nurulita (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SOPAN SANTUN (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0023 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img] PDF (0609118701)
12.0301.0023 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (0609118701)
12.0301.0023 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (0609118701)
12.0301.0023 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman sopan santun. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan one group pre test – post test design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak sepuluh siswa dengan diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket pemahaman sopan santun. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode statistic non parametric melalui program SPSS versi 16.0 for windows dengan menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman sopan santun. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata sebesar 10% setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Selain itu peningkatan pemahaman sopan santun ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator pemahaman sopan santun. Salah satunya adalah siswa yang semula belum paham bagaimana menghormati dan cara berbicara yang sopan dan santun, sekarang menjadi lebih paham dalam menhormati dan berbicara yang sopan dan santun kepada orang lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons., (0002086001) dan Dr. Riana Mashar, M.Si., Psi., (0614107401)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Sopan Santun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:00
Last Modified: 22 Jul 2019 03:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item