PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA MEROKOK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Magelang)

Ambarwati, Ita Dwi (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA MEROKOK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0043_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0043_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0043_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0043_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap peningkatan pemahaman tentang bahaya merokok siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Magelang. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen desain dengan jenis desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama) dan 10 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for Windows versi 19.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang bahaya merokok. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan pemahaman tentang bahaya merokok antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu peningkatan pemahaman bahaya merokok siswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator pemahaman bahaya merokok. Salah satunya adalah siswa yang semula tidak memahami bahaya merokok bagi kesehatan dirinya dan orang disekitarnya menjadi paham.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Muhammad Japar, M.Si, Kons (0012096606) dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi., (0609118701)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Psikodrama, Bahaya Merokok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:22
Last Modified: 22 Jul 2019 03:22
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item