Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren SMA Al-I’tishom Grabag Magelang. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022.

Zakiya, Muhammad Ghulam (2022) Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren SMA Al-I’tishom Grabag Magelang. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
18.0401.0030_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img] PDF
18.0401.0030_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] PDF
18.0401.0030_FULLTEXT - zaki ghulam18.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
18.0401.0030_COVER_LAMPIRAN - zaki ghulam18.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
18.0401.0030_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - zaki ghulam18.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam yang dilatar belakangi oleh kurikulum yang menjadi suatu proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik maupun peserta didik baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dalam pengelolaannya, lembaga pendidikan perlu manajemen kurikulum yang dilakukan dengan memegang dan menerapkan prinsip-prinsip manajemen kurikulum yang ada agar output yang dihasilkan bermutu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ipmlementasi serta faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum di SMA Al-I’tishom Grabag Magelang. Penelitian ini berjenis field research yang menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari a) perencanaan kurikukulum, b) pengorganisasian kurikulum, c) pelaksanaan kurikulum, dan d) evaluasi kurikulum. Dan faktor pendukung meliputi sarana dan prasarana, strategi kurikulum, dan pengguna kurikulum (guru dan siswa). Kemudian, dalam faktor penghambat terdapat dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor penghambat secara internal dan faktor penghambat secara eksternal. Faktor penghambat secara internal terjadi karena kekurangannya sumber daya guru dan sifat malas yang dimiliki oleh siswa sedangkan faktor eksternal terjadi karena kebijakan-kebijakan dari pusat yang tidak sesuai dengan kebijakan sekolah yang ada.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman, M.Ag. dan Bapak Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:56
Last Modified: 20 Oct 2022 01:56
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item