PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA (Siswa Kelas III SD N 2 Candiroto)

Jarwanto, Jarwanto (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA (Siswa Kelas III SD N 2 Candiroto). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0051 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0051 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0051 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0051 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan prestasi belajar IPA. Rancangan penelitian ini merupakan rancangan penelitian ekperimen (quasi eksperimen design) dengan model problem based learning, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi penelitian adalah selutuh siswa SD Negeri 2 Candiroto dengan sampel kelas III A sejumlah 23 siswa sebagai kelompok eksperimen dan III B berjumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa model problem based learning serta variabel terikat berupa prestasi belajar IPA ranah kognitif menggunakan tes pilihan ganda hasil post test dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro- Wilk dan homogenitas uji F yang menunujukkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan Uji T Paired Sample, diperoleh hasil thitung> ttabel yaitu (6,402 > 1,717). Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh secara positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelompok eksperimen sebesar 83 dan kelompok kontrol sebesar 68,5.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.si.,Psi (0614107401) dan Septiyati Purwandari, M.Pd. (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning,Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:19
Last Modified: 25 Jul 2019 01:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item