PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN SEKOLAH (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Magersari 3 Kota Magelang)

Arfiyanto, Dwi Yuli (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN SEKOLAH (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Magersari 3 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0085_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0085_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0085_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0085_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role play terhadap peningkatan disiplin sekolah siswa kelas V SD Negeri Magersari 3 Magelang. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan One Group Pretest- Posttest Design dengan menggunakan satu sampel kelas yang digunakan untuk penelitian. Subjek penelitian yang diambil adalah 23 siswa kelas V SD Negeri Magersari 3 Magelang yang mendapat perlakuan berupa penerapan model pembelajaran role play. Variabel yang diteliti ada 2 yaitu: variabel terikat yang berupa peningkatan disiplin sekolah dan variabel bebas yang berupa penerapan model pembelajaran role play. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Metode analisis data menggunakan uji statistik parametrik dengan bantuan program komputer software SPSS 16.0 for windows yaitu paired sample t-test. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran role play berpengaruh secara positif terhadap peningkatkan disiplin sekolah. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran role play kepada siswa setelah diberikan tindakan adalah meningkatnya disiplin sekolah pada siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan skor nilai terendah sebelum dilakukan perlakuan menggunakan model pembelajaran role play adalah 68 dan skor nilai tertinggi sebesar 111, diperoleh mean dari keseluruhan siswa kelas V sebesar 89,57 dan skor nilai terendah setelah diberikan perlakuan dari keseluruhan siswa adalah 91 dan skor nilai tertinggi sebesar 134, diperoleh mean dari keseluruhan siswa kelas V sebesar 111,65.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Tawil,M.Pd.Kons (0008015701) dan Septiyati Purwandari,M.Pd (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Play, Disiplin Sekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:37
Last Modified: 25 Jul 2019 01:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item