PENGARUH MEDIA KOKORU (Colour Carrugated Paper) TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS (Penlelitian Pada Kelompok B TK Kartika XII-3 Mertoyudan, Kabupaten Magelang)

Hardiyanti, Septiana Wahyu (2017) PENGARUH MEDIA KOKORU (Colour Carrugated Paper) TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS (Penlelitian Pada Kelompok B TK Kartika XII-3 Mertoyudan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0006_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0006_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0006_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media KOKORU (Colour Carrugated Paper) terhadap kemampuan motorik halus pada anak di TK Kartik XII-3, Pancaarga III, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan One group pre test- post test design. Tenik penelitian ini menggunakan total sampling dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa berjumlah 15 siswa kelompok B TK Kartika XII-3 yang memiliki motorik halus rendah dan sedang. Keterampilan motorik halus anak dijabarkan dalam 6 indikator dan 30 item yang diukur menggunakan lembar unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametric Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media KOKORU memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan motorik halus pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon Z hitung sebesar -3.422a dengan p=0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan motorik halus anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media KOKORU, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimupulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media KOKORU berpengaruh terhadap motorik halus anak. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya siswa yang semula cenderung tidak mampu menggulung benda dengan rapi dan belum mampu membuat suatu bentuk dari KOKORU, menjadi lebih dapat menggunakan kemampuan motorik halus seperti menggunting dan menggulung serta dapat menuangkan ide dan kreasi anak dengan kertas KOKORU.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si (0625107202) dan Hermahayu, M.Si., (0611098203)
Uncontrolled Keywords: Media KOKORU (Colour Carrugated Paper), Kemampuan Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:16
Last Modified: 19 Aug 2019 03:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item