PENGARUH METODE BERMAIN BALOK TERPIMPIN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BENTUK GEOMETRI (Penelitian di ABA Ar Rahmah Kranggan, Temanggung)

Munifah, Ifadatul (2017) PENGARUH METODE BERMAIN BALOK TERPIMPIN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BENTUK GEOMETRI (Penelitian di ABA Ar Rahmah Kranggan, Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0008 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0008 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0008 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0008 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain balok terpimpin terhadap pemahaman konsep bentuk geometri yang dilakukan pada anak kelompok B di ABA Ar Rahmah Kranggan Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif yang paling penuh, dalam arti memenuhi semua persyaratan untuk menguji ada pengaruh atau tidak/ untuk menguji hubungan sebab-akibat. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-post test design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik ABA Ar Rahmah kelompok A semester II tahun pelajaran 2016/2017. Adapun jumlah sampel penelitian ada 10 anak didik karena dari 25 anak hanya 10 anak yang bisa dijadikan sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja dan teknik analisis data Wilcoxon sign rank test yang diolah dengan program SPSS for window version 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode bermain balok terpimpin meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bentuk geometri dan sangat mendukung dalam perkembangan kognitif anak. Hal ini dibuktikan dengan melihat angka Z hitung sebesar -2,810 lebih besar dibanding dengan Z tabel pada  = 0,05 yaitu  1,645 (-2,810 > -1,645) dan terlihat bahwa didapat probabilitas di bawah 0,05 (0,0025 < 0,05), maka berarti terdapat pengaruh pemberian metode bermain balok terpimpin terhadap kemampuan pemahaman konsep bentuk geometri pada anak ABA Ar Rahmah Kranggan Temanggung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. (0007096412) dan Dr. Riana Mashar,M.Si.,P.si. (0614107401)
Uncontrolled Keywords: Bermain Balok Terpimpin, Konsep Bentuk Geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:24
Last Modified: 19 Aug 2019 03:24
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item