PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGREATED READING AND COMPOSITION

Mawar Sari, Dian (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGREATED READING AND COMPOSITION. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0124 _ FULLTETX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskritif melalui model CIRC (Cooperative Integreated Reading and Composition) pada siswa kelas IV SD Negeri Pangkalan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang. Peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penggumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes, teknik pengumpulan data menggunakan persentase, subyek penelitian yang digunakan satu kelas yang berjumlah 28 yakni 11 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Siswa kelas IV diberikan tidakan dengan menggunakan model Cooperative Integreated Reading and Composition yang akan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Yang menjadi subyek penelitian siswa kelas IV keterampilan menulis masih tergolong rendah hal ini diketahui dari nilai menulis karangan deskriptif siswa yang di bawah kriteria ketuntasan minimum KKM yaitu dibawah ≥70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Integreated Reading and Composition terdapat peningkatan yaitu 50% dari rata-rata nilai 68 menjadi 100% rata-rata nilai 79, indikator keberhasilan 75% dari jumlah siswa dengan nilai ≥70, jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M. Pd.,(0007085701) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Integreated Reading and Composition, Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:52
Last Modified: 16 Sep 2019 06:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item