PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP MORAL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Latifah, Siti (2017) PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP MORAL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0047 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0047 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0047 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0047 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh penggunaan handphone terhadap moral kelas III, IV, dan V a dan b SD Negeri Kemirirejo 3. 2) Pengaruh penggunaan handphone terhadap aktivitas belajar siswa kelas III, IV, dan V a dan b SD Kemirirejo 3. 3) Perbedaan moral dan aktivitas belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan handphone di SD Negeri Kemirirejo 3 Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jadi sampel yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III, IV, dan V a dan b sejumlah 200 siswa. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Pengukuran penggunaan handphone menggunakan angket (kuesioner), pengukuran moral dan aktivitas belajar menggunakan angket (kuesioner). Lembar wawancara digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh penggunaan handphone terhadap moral Siswa kelas III, IV, V SD Negeri Kemirirejo 3. Perolehan nilai koefisien regresi sebesar 0,351 dengan nilai sig. 0,000. Jadi semakin tinggi penggunaan handphone, maka moral siswa akan semakin tinggi pula. 2) Ada pengaruh penggunaan handphone terhadap aktivitas belajar siswa kelas III, IV, dan V SD Negeri Kemirirejo 3. Perolehan nilai koefisien regresi sebesar 0,341 dengan sig. 0,000. Jadi semakin tinggi penggunaan handphone, maka aktivitas belajar siswa akan semakin tinggi pula. 3). Terdapat perbedaan moral siswa antara yang menggunakan handphone dan tidak menggunakan handphone di SD Negeri Kemirirejo 3. Perolehan nilai t hitung sebesar -1.281. Nilai rata-rata moral pengguna handphone lebih rendah (69,90) dibandingkan nilai rata-rata moral yang tidak menggunakan handphone ke sekolah (71,87). 4) Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara yang menggunakan dan tidak menggunakan handphone di SD Negeri Kemirirejo 3. Perolehan nilai t hitung sebesar 6,47. Nilai rata-rata aktivitas belajar pengguna handphone lebih tinggi (61,41) dibandingkan nilai rata-rata aktivitas belajar yang tidak menggunakan handphone ke sekolah (60,59).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. H. Subiyanto, M.Pd.(0007085701) dan Dhuta Sukmarani,M.Si. (0609088701)
Uncontrolled Keywords: penggunaan handphone, moral dan aktivitas belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:32
Last Modified: 17 Sep 2019 02:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item