HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN OTONOMI BELAJAR ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR

Asmarani, Cinde Arum (2017) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN OTONOMI BELAJAR ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0176_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0176_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0176_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0176_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran orangtua dan kemampuan otonomi belajar anak terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tidar 1 Kota Magelang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas tinggi SD Negeri Tidar 1. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 yang terdiri dari 47 orang siswa dan 47 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar angket dan pencermatan dokumen hasil belajar anak semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah anaisis regresi statistik parametic dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif dan signifikan antara peran orang tua terhadap hasil belajar dengan nilai r hitung sebesar 0,442 persentase hubungan sebesar 19,6%; 2) adanya hubungan positif dan siginifikan antara kemampuan otonomi belajar anak terhadap hasil belajar dengan nilai r hitung sebesar 0,565 dan persentase hubungan sebesar 31,9%; 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara peran orang tua dan kemampuan otonomi belajar anak terhadap hasil belajar dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 10,297 > 3,195 dan persentase hubungan antara ketiga variabel adalah 31,9%. Dengan demikian peran orang tua dan kemampuan otonomi belajar anak secara bersamasama memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd, Kons. (0008015701) dan Septiyati Purwandari, M.Pd. (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Kemampuan Otonomi Belajar Anak, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:43
Last Modified: 19 Sep 2019 01:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item